Selasa, 30 Nov 2021
  • Selamat datang di Website SMK Negeri 1 Kotabunan.

XII APAT SMKN 1 KOTABUNAN LAKSANAKAN UKK

SONYA: Lulusan SMKN 1 Kotabunan wajib memiliki kompetensi dan keahlian.

Kepsek SMKN 1 KOTABUNAN membuka UKK Siswa XII APAT

SMKN 1 Kotabunan melaksanakan Ujian kompetensi keahlian (UKK) siswa siswi jurusan Agribisnis Perikanan Air Tawar( APAT ). Ujian ini di laksanakan tanggal 8-12 April 2021 yang dibuka secara resmi oleh Kepala Ssekolah Sonya Sugianto S.Pd M.Pd. Dalam sambutannya kepsek menyampaikan agar siswa melaksanakan  dengan serius. ”Covid 19 bukan alasan kalian lulus paksa, lulus tapi tak memiliki kompetensi keahlian. Semua lulusan SMKN 1 Kotabunan wajib memiliki skill dan Kompetensi. Dua hal ini sangat penting sebagai bekal di dunia kerja’’

Adapun  Penguji Eksternal bersertifikasi dari Balai Perikanan Budidaya Air Tawar ( BPBAT ) Tatelu.  Rapiuddin, S.Pi dan Penguji Internal bersertifikasi  Marniati Kumambong S.Pd, yang juga merupakan kepala Jurusan APAT .

Siswa mengikuti ujian : ujian lesan/wawancara dan uji tulisan, persiapan bahan, praktek kelompok dan individu, pembuatan airasi, kolam buatan dll.

SMK N 1 Kotabunan sebagai Sekolah TUK serta Sekolah dan jurusan terakreditasi. yang melakukan uji kompetensi secara mandiri menggunakan instrumen UKK yang disusun oleh pemerintah pusat sebagai standar minimal dengan melibatkan institusi pasangan IDUKA Kementerian Kelautan dan Perikanan Balai Perikanan Budidaya Air Tawar ( BPBAT ) Tatelu dan berorientasi pada standar kompetensi lulusan.

Pada Hari ke 3 UKK Jurusan Perikanan Kompetensi Keahlian Agribisnis Perikanan Air Tawar ( APAT ). Tahapan Mengangkat dan menimbang induk, Mengelolah Kualitas Air, Mengamati Telur ikan Lele mulai pembelahan sel. Dari Embrio ke beberapa Tahapan sampai membentuk larva, mengamati Penetasan pakan Alami Artemia. Sekaligus menghitung Fekunditas. Memantau Hasil Penetasan Telur hingga menjadi Larva, Penetasan Artemia dan membuat Laporan Hasil Kegiatan.

Menurut Prayogi Gaib dan teman temannya, dalam menghadapi UKK ini ia sempat grogi tetapi itu hilang berganti dengan semangat ketika hasil pemijahan yang di lakukannya berhasil. ‘‘Alhamdulillah senang sekali saat melihat larva itu berkembang menjadi ikan yang banyak sekali’’ . dengan pengalaman yang di dapat di UKK, iia ingin menjadi wira usahawan budi daya ikan air tawar. Semoga cita citamu tercapai, calon pengusaha ikan air.  Aamiin.

Admin Nailul Umam WB

penguji internal mewawancarai perkembangan pemijahan
Siswa memantau perkembangan larva hasil pemijahan ikan Lele

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR